1. Pantau Progress BOT Pokemon GO disini
    Dismiss Notice

Mengenal Abon Khas Jepang

Discussion in 'Wordpress' started by deweezz, Feb 8, 2017.

  1. deweezz

    deweezz New Member

    Wilayah Indonesia yang didominasi oleh lautan yang luas ialah bukti akan kekayaan sumber daya laut Indonesia yang tidak hanya kaya rasa, tetapi juga serat senyawa gizi dan non-gizi yang bisa meningkatkan kinerja proses metabolisme tubuh atau memperlambat proses deteriorasi organ-organ tubuh (dikenal sebagai pangan fungsional).

    Maka sudah sewajarnya jika produk-produk pangan kita banyak disuguhi dengan berbagai macam hasil olahan laut.

    Bangsa Jepang adalah salah satu contoh masyarakat yang kultur pangannya sangat diwarnai pangan dari olahan laut. Teknologi proses pengolahannya yang maju pesat menghasilkan tingginya keragaman jenis produk, seiring dengan terjaganya fungsi sebagai pangan fungsional.

    Banyaknya Varian produk ini menyajikan alternatif pilihan makanan yang digemari, khususnya oleh anak-anak. Contoh makanan olahan ikan yang disukai anak-anak jepang ialah kamaboko dan furikake.

    Furikake adalah bumbu makanan asal Jepang yang berbentuk butiran, tepung, atau berserat. Bumbu ini ditebarkan di atas nasi dan dimakan sebagai lauk. Furikake yaitu olahan yang bersifat tahan lama dan dikonsumsi sebagai lauk praktis, karena dapat dimakan tanpa perlakuan terlebih dahulu.

    Furikake tak dibuat sewaktu ingin dimakan, melainkan dibuat sekaligus dalam jumlah besar dan dimakan sedikit-sedikit di kemudian hari. Sebenarnya di Indonesia dikenal produk yang serupa dengan furikake, yaitu abon yang saat ini telah mulai diolah dari bahan ikan bukan hanya daging sapi.

    Namun berbeda dengan abon yang didominasi oleh daging (hewan darat ataupun ikan) dengan hanya satu macam rasa, maka furikake adalah olahan ikan kering yang diformulasikan atau dicampur secara menarik dengan beraneka ragam bahan lain misalnya wijen, rumput laut, kedelai, dan sayuran kering (jenis bahan campurannya bisa apa saja).

    Komposisi ikan dengan bahan lain, disamping meningkatkan nilai gizi secara menyeluruh produk juga, meningkatkan daya tarik secara penampilan karena dihasilkan produk dengan kombinasi warna yang menarik.

    Bayangkan kombinasi warna yang tercipta dari abon berwarna coklat, rumput laut berwarna hijau, kedelai berwarna kuning, wortel kering berwarna orange dan lain-lain. Mungkin inilah kunci yang menyebabkan furikake dapat menarik dimata anak-anak.
     

Share This Page